11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

Handphone adalah alat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saat ini. Kita kemana-mana selalu membawanya. Selain penggunaannya yang praktis, fitur yang ada di dalamnya juga bermanfaat bagi kegiatan sehari-hari.
Handphone saat ini semakin canggih, terlebih setelah muncul Smartphone yang memiliki fitur lengkap dan canggih, termasuk pula teknologi kameranya. Smartphone kini telah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni untuk digunakan dalam membuat foto. Gambar yang dihasilkan oleh kamera smartphone juga mampu bersaing dengan gambar yang dihasilkan oleh kamera sejenis DSLR asalkan kita tahu bagaimana teknik pengambilan yang benar. Di sini saya akan membagikan 11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone.

1. Kenali Kamera Smartphone

Kenali terlebih dahulu kamera smartphone meliputi :
  • Kualitas kamera
    Kualitas kamera juga menentukan hasil foto yang sobat dapatkan.
  • Fitur pendukung kamera pada smartphone
    Pada smartphone disediakan fitur-fitur yang merupakan bawaan dari produsen. Sobat mungkin menemukan fitur HDR, Panorama, Blitz, Timelapse, bahkan dapat pula mengatur Shutter Speed, ISO dan diafragma. Sobat dapat mereview fitur kamera pada situs resmi vendor smartphone sobat atau dapat melalui website review seperti www.gsmarena.com.

2. Pastikan Lensa Dalam Keadaan Bersih

Dengan kebutuhan yang mobile, smartphone sering digunakan dan diletakkan pada tempat-tempat yang kadang tidak bersih. Sehingga lensa kamera menjadi kotor seperti terkena minyak atau yang lain. Sebelum memotret pastikan lensa telah dibersihkan terlebih dahulu, sehingga tidak mengganggu hasil foto.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

3. Gunakan Resolusi Tertinggi

Dengan meggunakan resolusi tertinggi kamera, sobat akan mendapatkan gambar yang paling berkualitas. Beberapa smartphone memberikan pilihan kualitas foto : rendah, standar, tinggi.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

4. Gunakan Pemilihan Fokus

Hampir semua smartphone memiliki face detector yang akan menemukan secara otomatis letak fokus pada muka obyek (jika obyeknya adalah manusia). Namun jika obyek yang dituju bukan muka manusia, biasanya letak titik fokus akan acak atau biasanya berada di tengah.
Beberapa kamera smartphone dapat dirubah secara manual letak titik fokus dengan mengetuk pada layar smartphone. Selain mendapatkan fokus, dengan menentukan letak fokus, kamera akan menentukan pula kecerahan gambar.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

5. Perhatikan Arah Datangnya Cahaya

Dengan memperhatikan arah datangnya cahaya, sobat akan mendapatkan cahaya yang cukup untuk menerangi obyek yang akan difoto. Apalagi jika kita hanya mengandalkan cahaya yang ada di sekitar objek
Salah satu cara tradisional fotografi adalah melawan arah cahaya. Penggunaan flash smartphone hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja, akan lebih baik jika kita bisa menyesuaikan cahaya yang ada.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

6. Hindari Zooming

Hampir semua kamera smartphone tidak dilengkapi fitur zooming dengan merubah jarak focal lensa, karena pada dasarnya lensa pada smartphone hampir semuanya adalah lensa fix.
Fitur zooming pada smartphone hanya digital zoom, yang malah sebenarnya mengurangi kualitas gambar. Jika ingin zooming, lebih baik sobat mendekatkan diri pada obyek.

7. Pelajari Komposisi

Komposisi pada fotografi memang penting, tidak hanya pada fotografi smartphone akan tetapi semua jenis aliran fotografi memperhatikan komposisi. 

8. Gunakan Aksesoris Tambahan (Optional)

Sobat dapat menggunakan beberapa aksesoris tambahan untuk menunjang fotografi smartphone. Seperti menggunakan lensa tambahan, case waterproof, monopod (tongsis) dan lain sebagainya.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

9. Posisikan Smartphone Sestabil Mungkin

Saat pengambilan gambar, pastikan smartphone diposisikan se-stabil mungkin, mengingat berat smartphone sangat ringan yang akan menghasilkan shake jika tidak stabil. Sobat dapat menggunakan beberapa cara agar smartphone stabil saat penggambilan gambar (terlebih saat menekan tombol shooter) :
  • Menggunakan timer
  • Menggunakan tombol volume untuk shutter
  • Menggunakan tripod
    11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

10. Pengkondisian Obyek Seideal Mungkin Jika Memungkinkan

Pengkondisian obyek ini diharapkan menjadikan obyek seideal mungkin untuk difoto. Sebagai contoh membuat studio mini. Dengan studio mini sobat dapat mengatur posisi obyek, arah cahaya, kecukupan cahaya, background, properti dan lain sebagainya.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

11. Gunakan Software Editing

Smartphone didukung dengan banyak sekali software editing foto yang mumpuni baik yang didapatkan secara gratis maupun berbayar. Dengan software-software editing ini sobat dapat mengkoreksi kekurangan foto, atau mempercantik hasil foto yang ada.
11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

Agar foto smartphone yang dihasilkan bisa sebagus foto DSLR kita perlu memperhatikan hal-hal diatas. Tapi memang untuk pengaturan kamera masih kalah, ini bisa diakali dengan editing menggunakan software. Demikian 11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone. Semoga bermanfaat.

Sumber :
Dosen – Rizqi Sukma Kharisma, M.Kom

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon