Cara Mengatasi Handphone Android Restart Sendiri

Cara Mengatasi Handphone Android Restart Sendiri – Apakah hal yang pertama kali kalian lakukan ketika mengetahui handphone kesayangan kalian tiba-tiba merestart sendiri? Apakah kalian akan panik? Apakah kalian langsung membawanya ke tukang service? atau kalian akan browsing untuk mengetahui cara mengatasinya. Dari ketiga tipe orang ketika mengetahui hp atau gadget kesayangannya rusak manakah sifat yang kalian miliki, pasti dari ketiga sifat tersebut kalian akan menjadi seperti orang yang pertama yaitu akan panik jika mengetahui handphone kesayangan rusak dan ada juga yang seperti orang ketiga yaitu berusaha untuk bisa memperbaiki handphone sendiri dengan alasan untuk menghemat biaya.
Jika kita bisa memperbaiki hp atau gadget kita sendiri, itu akan membuat kita mempunyai wawasan dan pengetahuan. Apabila hal itu terjadi lagi, kita dapat memperbaikinya sendiri tanpa perlu bantuan tukang servis. Nah bagi kalian yang ingin mencobanya kalian simak artikel berikut. Saya akan membahas tentang cara mengatasi hp android yang selalu restart sendiri. Langsung saja mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Handphone Android Restart Sendiri

Pada umumnya handphone android yang sering restart sendiri diakibatkan oleh beberapa hal yaitu:
  • Terdapat aplikasi yang tidak compatible
  • Banyak aplikasi yang crash 
  • Tidak bekerjanya salah satu sistem pada perangkat kalian
  • Pengaturan sistem android yang keliru
  • Terdapat banyak aplikasi sehingga membebani ram
  • Terlalu banyak sampah yang terdapat pada perangkat anda
  • Banyak aplikasi yang membutuhkan upgrade
  • Terdapat virus berkeliaran yang ada di gadget kalian
Hal-hal diatas dapat menyebabkan gadget kalian melakukan booting secara terus menerus. Lalu untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Periksa semua aplikasi yang terinstal pada perangkat kalian.
    Jika terdapat aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi berukuran besar lebih baik dihapus saja. Sisakan aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan.
  2. Periksa pengaturan yang terdapat pada perangkat kalian.
    Jika kalian tidak mengerti benar tentang pengaturan tersebut, biarkan saja default.
  3. Instal sebuah antivirus yang menurut kalian bagus.
    Antivirus sangat berguna untuk mencegah virus masuk di gadget kita. Instal hanya satu antivirus saja. Jika terlalu banyak akan mengakibatkan hp menjadi lag bahkan crash. Lakukan juga scan secara berkala untuk menjaga kondisi gadget tetap bersih dari virus.
  4. Bersihkan semua cache/sampah yang terdapat pada perangkat kalian.
    Terlalu banyak cache dan sampah yang ada dapat mengakibatkan handphone menjadi lelet dan dapat memicu crash/restart setiap menjalankan aplikasi. Gunakan aplikasi utility untuk menghapus cache dan sampah.
  5. Pilihan terakhir jika handphone tetap restart sendiri adalah melakukan Factory reset.
    Cara ini bisa kalian gunakan ketika semua cara diatas tidak dapat mengatasi hal tersebut. Ini merupakan cara terakhir yang tidak disarankan karena akan menghapus semua data yang ada di handphone dan mengembalikannya ke setelan pabrik.
Semoga semua cara-cara diatas dapat membantu kalian dalam mengatasi gadget yang melakukan booting secara terus menerus. Semoga dengan adanya artikel Cara Mengatasi Handphone Android Restart Sendiri ini dapat membantu kalian semua. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon